Pengaruh Label Halal Terhadap Daya Beli Produk Makanan Dan Minuman Umkm Di Kabupaten Subang Jawa Barat

Main Article Content

Rifat Aidil Ramadhan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Rahma Alya Purwanto
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Risa Wahyu Utami
Universitas Muhammadiyah Jakarta

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki potensi besar untuk mengembangkan industri halal. Tujuan dan metode penulisan ini menggunakan pendekatan studi literatur yang mengandalkan berbagai literatur artikel jurnal untuk memperoleh data penelitian dan menggunakan pendekatan kualiatif karena data yang dihasilkan berupa deskriptif yang mendeskripsikan atau menggambarkan tentang bagaimana pengaruh labelisasi halal terhadap daya beli produk makanan dan minuman UMKM di Kabupaten Subang Jawa Barat. Kepastian hukum dalam labelisasi produk halal oleh pelaku UMKM makanan di Kabupaten Subang ini sudah terjamin bahkan pemerintah sudah mengatur dengan rinci dalam Undang- Undang nomor 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal seluruh pasalnya mengatur mengenai Jaminan Produk Halal. Realita banyak produk makanan yang beredar di Kabupaten Subang yang belum terjamin kehalalannya, sehingga undang-undang ini keberadaannya sangat di nanti oleh masyarakat demi terjaminnya makannya halal yang beredar di masyarakat. Dengan menerapkan identitas sebagai kepastian hukum dalam label halal di Kabupaten Subang, diharapkan akan tercipta sistem yang kuat, adil, dan dapat diandalkan dalam menjamin kehalalan makanan. Dalam rangka menciptakan sistem label halal makanan yang kuat, pemahaman akan tiga identitas hukum ini adalah esensial. Keadilan, kemanfaatan, dan kepastian hukum adalah prinsip-prinsip yang saling melengkapi dan membentuk fondasi hukum yang kokoh dalam mewujudkan label halal yang sah dan dapat dipercaya bagi konsumen Muslim.


Keywords: Labelisasi Halal;, Daya Beli Produk Makanan dan Minuman;, UMKM di Kabupaten Subang