Implementasi Strategi Pemasaran Pada Layanan Penjualan Tiket Kereta Api Rombongan Pt. Kereta Api Indonesia (Persero)

Main Article Content

Chrysta Valentina
Politeknik STIA LAN Bandung, Indonesia
Susi Susanti Tindaon
Politeknik STIA LAN Bandung, Indonesia

PT Kereta Api Indonesia (Persero) menawarkan layanan rombongan yang mampu memfasilitasi perjalanan rombongan secara efektif dan efisien bagi masyarakat Indonesia.  Oleh karena itu, diperlukan kebijakan strategi pemasaran yang optimal untuk diterapkan oleh PT. KAI khususnya di Daerah Operasional Bandung (DAOP 2). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran beserta hambatan dan upaya optimalisasi perbaikan kebijakan strategi pemasaran layanan rombongan DAOP 2 Bandung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif disertai wawancara, observasi dan dokumentasi lainnya. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan strategi bauran pemasaran 7P meliputi: Produk, Harga, Tempat, Promosi, Orang, Proses, dan Bukti Fisik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan strategi pemasaran yang dilakukan oleh Kantor Angkutan Penumpang (ANGPEN) DAOP 2 Bandung dalam memasarkan layanan rombongan kepada masyarakat luas guna terciptanya target kinerja layanan rombongan sudah berjalan cukup baik. Namun salah satu unsur penerapan konsep bauran pemasaran perlu dioptimalkan yaitu pada bagian konsep promosi, mengingat konsep kegiatan promosi yang dilakukan belum dikenal atau dilihat oleh masyarakat luas. Bentuk optimalisasinya adalah dengan membuat program khusus untuk layanan rombongan itu sendiri, yang terdiri dari pembuatan merchandise, pembuatan kegiatan promosi khusus, dan penambahan pernak-pernik yang menjelaskan hadirnya layanan rombongan.


Keywords: Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran (7P), Promosi, Layanan Rombongan PT. KAI