Kualitas Layanan dan Kepuasan Nasabah terhadap Loyalitas Nasabah pada BPR Supra KPO Sukabumi

Main Article Content

Zeffanya Raphael
Institut Manajemen Wiyata Indonesia, Indonesia
Yuke Nurafni Rachmi
Institut Manajemen Wiyata Indonesia, Indonesia

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah. Penggunaan jasa perbankan kini sudah menjadi perihal biasa, namun ketatnya persaingan perbankan telah menjadi problematika bagi bank dalam mempertahankan loyalitas nasabah. Upaya Bank untuk mempertahankan dan meningkatkan kuantitas nasabah diperlukan agar berdampak positif bagi bank dan nasabah. Jika nasabah memiliki loyalitas pada bank maka dapat memberikan informasi kepada orang-orang terdekatnya mengenai produk dan jasa bank. Metode penetian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian di BPR Supra KPO Sukabumi berjumlah 2,097. Dalam penelitian ini peneliti mempersempit populasi yaitu sebanyak 100 nasabah. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda, uji t, uji F. Hasil penelitian ini adalah Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap Loyalitas Nasabah. Kemudian Kepuasan Nasabah berpengaruh terhadap Loyalitas Nasabah. Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap Loyalitas Nasabah.


Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah, Loyalitas Nasabah