Komunikasi Eksternal Sekolah Saham Indonesia Untuk Meningkatkan Minat Investasi Pada Generasi Z

Main Article Content

Elifvia Jessica
Program Pascasarjana Ilmu Komunikasi, Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR
Deddy Muharman
Dosen, Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR

Di era sekarang ilmu pengetahuan khususnya di bidang investasi sangat luas dan sangat bermanfaat untuk masa depan. Investasi dapat dilakukan oleh berbagai generasi salah satunya adalah generasi Z. Dan saat ini investasi menjadi salah satu hal yang tinggi peminatnya. Dengan begitu penelitian ini bermaksud untuk melihat apakah strategi komunikasi yang di rencanakan Sekolah Saham Indonesia terbukti bisa meningkatkan minat investasi generasi Z. Oleh sebab itu, peneliti memiliki ketertarikan melakukan penelitian mendalam mengenai strategi komunikasi eksternal apa saja yang tepat dilakukan oleh Sekolah Saham Indonesia untuk meningkatkan minat generasi Z berinvestasi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode wawancara secara online maupun offline pada PT. Sekolah Saham Indonesia, dengan adanya data-data sekunder. Dengan adanya hasil dari penelitian ini adalah tahap pengetahuan menjadi tahapan yang terkuat dalam meningkatkan minat berinvestasi. Jika generasi Z memiliki pengetahuan yang cukup mengenai investasi maka akan timbul kepercayaan dan keyakinan sehingga mereka akan perlahan terpersuasi untuk melakukan kegiatan investasi.


Keywords: Investasi, Strategi Komunikasi, Citra Merek, Komunikasi, Generasi Z