Analisis Preferensi Pelanggan Berdasarkan Bauran Promosi Untuk Pembelian Mobil XPander di Dealer Mitsubishi Cakung

Main Article Content

Angelia Merdiyanti
Program Studi Administrasi Bisnis Otomotif Politeknik STMI Jakarta, Indonesia
Silmy kafah
Program Studi Administrasi Bisnis Otomotif Politeknik STMI Jakarta, Indonesia

Dealer Mitsubishi Cakung mengalami permasalahan pada penjualan mobil Xpander yang berfluktuasi selama tahun 2022. Strategi promosi yang dilakukan perusahaan diduga turut andil mempengaruhi penjualan. Oleh karena itu, perusahaan perlu menentukan bauran promosi yang efektif berdasarkan preferensi pelanggan dalam pembelian mobil Xpander. Atribut bauran promosi yang dipilih mencakup advertising, sales promotion, direct marketing, dan public relation. Penelitian ini menggunakan kuesioner dengan teknik total population sampling di mana semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel, yaitu sebanyak 62 orang yang merupakan seluruh pelanggan yang telah membeli mobil Xpander di Dealer Mitsubishi Cakung selama tahun 2022. Adapun metode penelitian menggunakan analisis konjoin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa periklanan dengan strategi Word Of Mouth, penawaran promosi penjualan berupa diskon, pemasaran langsung melalui e-mail, dan pelaksanaan kegiatan publikasi dalam bentuk pameran merupakan kombinasi level atribut bauran promosi yang tepat dalam usaha menarik minat pelanggan serta menjadi preferensi pelanggan dalam melakukan pembelian Xpander di Dealer Mitsubishi Cakung. Selain itu, atribut yang menjadi pertimbangan utama bagi pelanggan dalam pengambilan keputusan pembelian mobil Xpander adalah Sales Promotion, diikuti dengan Advertising, Public Relation, dan Direct Marketing


Keywords: Preferensi Pelanggan, Bauran Promosi, Analisis Konjoin