Pengaruh Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Dokter Spesialis Terhadap Kepuasan Pasien Peserta BPJS Studi Kasus Pada RS Eko Maulana Ali Kabupaten Bangka

Main Article Content

Muhammad Qaisha Arbey
Program Studi Magister Manajemen, Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya, Indonesia
Purwadhi Purwadhi
Program Studi Magister Manajemen, Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya, Indonesia
Rian Andriani
Program Studi Magister Manajemen, Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya, Indonesia

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan poli rawat jalan dokter spesialis terhadap kepuasan pasien peserta BPJS di Rumah Sakit Eko Maulana Ali Kabupaten Bangka. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. peneliti menguji teori dengan hipotesis dan pengumpulan data untuk mendukung atau menolak hipotesis (Creswell, 2013). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) semakin baik dimensi Fasilitas pada kualitas pelayanan maka semakin tinggi kepuasan pasien, (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan dari dimensi Kepedulian terhadap kepuasan pasien peserta BPJS, (3) semakin baik dimensi Keandalan dokter pada kualitas pelayanan maka semakin tinggi kepuasan pasien.(4) semakin baik dimensi ketanggapan pada kualitas pelayanan maka semakin tinggi kepuasan pasien. (5) semakin baik dimensi Keilmuan pada kualitas pelayanan maka semakin tinggi kepuasan pasien. (6) kualitas pelayanan (Fasilitas, Kepedulian Keandalan, Ketanggapan, Keilmuan) mempengaruhi kepuasan pasien peserta BPJS di RS Eko Maulana Ali Kabupaten Bangka.


Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien