Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Moderasi

Main Article Content

Emerentiana Asti Areta
Universitas Tarumanagara, Indonesia
Herlin Tundjung Setijaningsi
Universitas Tarumanagara

 


Nilai perusahaan juga dapat dipengaruhi oleh pertumbuhan penjualan, profitabilitas dan ukuran Perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperkirakan nilai perusahaan makanan dan minuman tahun 2018–2022 berdasarkan beberapa kriteria yang mempengaruhi nilai perusahaan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kausal untuk menguji apakah suatu variabel dapat menyebabkan perubahan pada variabel yang lain atau tidak. Populasi yang diamati dalam penelitian ini adalah perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2018-2022. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI. Profitabilitas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI. Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI. Kebijakan dividen memperkuat pengaruh ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2018 sampai dengan tahun 2022.


Keywords: Pertumbuhan Penjualan, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Nilai Perusahaan, Kebijakan Dividen