Pengaruh Audit Capacity Stress, Gender, Dan Latar Belakang Pendidikan Terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris Pada Bpk Perwakilan Provinsi Papua)
Main Article Content
Tujuan Penelitian ini adalah menginvestigasi pengaruh Audit Capacity Stress, Gender, Dan Latar Belakang Pendidikan Terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris Pada BPK Perwakilan Provinsi Papua). Salah satu faktor yang berpotensi mempengaruhi kualitas audit adalah Audit Capacity Stress (ACS). ACS mengacu pada tekanan dan beban kerja yang dialami oleh para auditor akibat tuntutan pekerjaan yang tinggi, batas waktu yang ketat, tantangan teknis yang kompleks, dan faktor stres lainnya yang melekat dalam profesi audit. Gender juga merupakan faktor yang dapat mempengaruhi kualitas audit. Meskipun profesi audit telah mengalami kemajuan signifikan dalam kesetaraan gender, perbedaan dalam pendekatan dan perilaku antara auditor pria dan auditor wanita mungkin masih ada. Auditor pria dan wanita dapat memiliki kelebihan dan atribut yang berbeda yang berpotensi mempengaruhi kualitas audit mereka. Selain itu, latar belakang pendidikan juga memainkan peran yang signifikan dalam membentuk pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi auditor. Auditor dengan latar belakang pendidikan yang solid dan relevan cenderung memiliki pemahaman yang lebih baik dalam melaksanakan audit. Latar belakang pendidikan yang beragam juga dapat memberikan perspektif yang lebih luas dan membantu auditor dalam menghadapi tantangan audit. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan seluruh auditor yang bekerja di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Papua sebagai populasi yang menjadi fokus penelitian. Dalam penelitian ini, digunakan metode purposive sampling untuk memilih sampel yang sesuai dengan kriteria tertentu. Sampel yang dipilih meliputi auditor yang telah melakukan kegiatan pemeriksaan di wilayah Papua dan berada dalam lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Papua. Hasil analisis menunjukkan bahwa Audit capacity stress tidak berpengaruh terhadap Kualitas Audit. Gender berpengaruh terhadap kualitas audit. Latar belakang Pendidikan tidak berpengaruh terhadap Kualitas Audit.