Tiktok Sebagai Media Edukasi Perawatan Kecantikan

Main Article Content

Mia setiawati
Fakultas Ilmu komunikasi Universitas Pancasila, Jakarta Selatan Indonesia
Aprilianti Pratiwi
Fakultas Ilmu komunikasi Universitas Pancasila, Jakarta Selatan Indonesia

Selain digunakan sebagai sarana hiburan, media sosial Tiktok kini telah merambah peran yang lebih penting, salah satunya sebagai media untuk menyalurkan edukasi kesehatan. Dengan fitur audiovisual yang mampu menarik perhatian penonton dalam jangka waktu yang pendek, Tiktok dipandang sebagai sarana untuk mengedukasi masyarakat terkait masalah kesehatan. Penelitian ini berupaya untuk melihat bagaimana edukasi terkait perawatan kecantikan dilakukan melalui media sosial Tiktok, dengan melakukan studi kasus terhadap salah satu konten edukasi @dosenskincare. Metode penelitian dilakukan dengan mengambil tiga tema isu sebagai kasus dan dianalisis menggunakan analisis media siber. Teori yang digunakan dalam penelitian ini antara lain adalah computer mediated communication (CMC) theory dan komunikasi kesehatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa edukasi perawatan kecantikan di Tiktok ditunjukkan melalui pemanfaatan media sosial Tiktok sebagai sarana edukasi, interaktivitas antarpengguna Tiktok, dan tercapainya edukasi perawatan kecantikan dilihat dari level pengalaman.


Keywords: analisis media siber, CMC, edukasi, komunikasi kesehatan, perawatan kecantikan, studi kasus, Tiktok