Peran Psikolinguistik dalam Disrupsi Pendidikan Bahasa Arab

Main Article Content

Atik Wahyuni
Universitas Darussalam Gontor
Agus Yasin
Universitas Darussalam Gontor

Teknologi yang terus berkembang dengan cepat mengubah berbagai aspek kehidupan, salah satunya adalah pendidikan dan pembelajaran bahasa Arab. Metode pembelajaran tradisional mulai tergantikan dengan metode pembelajaran online, yang membutuhkan perubahan segera untuk memaksimalkan hasil pembelajaran. Selain itu, hal ini harus dipertimbangkan dari sudut pandang psikolinguistik yang berperan penting dalam pembelajaran bahasa. Tujuan dari penelitian literatur ini adalah untuk menjelaskan bagaimana pembelajaran bahasa Arab berlangsung di era disrupsi pendidikan saat ini dan perspektifnya dari sudut pandang psikolinguistik. Pembelajaran online, aplikasi pendidikan, pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran berbasis permainan, dan pembelajaran berbasis realitas virtual adalah beberapa contohnya. Selain itu, terdapat teori-teori yang mendukung pembelajaran bahasa Arab di era disrupsi ini, seperti teori pemrosesan informasi, teori keterampilan berbahasa, teori pembelajaran kolaboratif, teori konstruktivisme, dan teori kecerdasan majemuk. Selain itu, perspektif psikolinguistik dapat menawarkan sudut pandang tambahan yang harus dipertimbangkan ketika memeriksa transformasi pembelajaran digital dari pembelajaran tatap muka. Kemampuan berbahasa, interaksi sosial, keterlibatan siswa, pemrosesan informasi, dan penilaian merupakan elemen-elemen yang harus dipertimbangkan.


Keywords: Disrupsi, Pembelajaran Bahasa Arab, Pendidikan
Angelina, P., Kartadinata, S., & Budiman, N. (2021). Kompetensi pedagogis guru di era disrupsi pendidikan dalam pandangan Islam. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 305. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i2.4863
Azhari, M. (2022). Pendekatan Integratif ( Integrative Approach ) dalam Pembelajaran Bahasa Arab Jarak Jauh di Masa Pandemi An Integrative Approach in Distance Learning Arabic in a Pandemic Period. 4(2), 162–177.
Badi’ah, Z. (2021). Implikasi Teori Belajar Kognitif J. Piaget dalam Pembelajaran Bahasa Arab dengan Metode Audiolongual. Attractive : Innovative Education Journal, 3(1), 76. https://doi.org/10.51278/aj.v3i1.166
Benyamin, P. I., Sinaga, U. P., & Gracia, F. Y. (2021). Penggunaan “Platform” Digital pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Era Disrupsi. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 6(1), 60–68.
Dariyadi, M. W. (2019). Pembelajaran Bahasa Arab Diera Digital. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab V, 448–462.
Elvania Rachim, Neneng Yektiana, & Rahmat Hariyadi. (2022). Analisis Teori Pengolahan Informasi Dalam Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 1(4), 384–394. https://doi.org/10.56799/peshum.v1i4.507
Fikri, A. (2019). Pengaruh Globalisasi dan Era Disrupsi terhadap Pendidikan dan Nilai-Nilai Keislaman. Sukma: Jurnal Pendidikan, 3(1), 117–136. https://doi.org/10.32533/03106.2019
Hidayat, A., Hadi, S., & Marlin, S. (2021). Strategi Pendidikan Islam Di Era Disrupsi. Misykat Al-Anwar Jurnal Kajian Islam Dan Masyarakat, 4(2), 215. https://doi.org/10.24853/ma.4.2.215-234
Hidayat, Y. (2018). Teori Perolehan Dan Perkembangan Bahasa Untuk Jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Maharat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1). https://doi.org/10.18196/mht.113
Ismail, Tini, & Rahmat. (2022). Menjadi Dosen Online Inovatif Berbasis Praktik Esensial di Era Disrupsi Pendidikan. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 55–63. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3027
Lasmawan, W. (2019). Era Disrupsi dan Implikasinya Bagi Reposisi Makna dan Praktek Pendidikan. Jurnal Media Komunikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan , 1(April), 54–65.
Mahliatussikah, H. (2020). Pemanfaatan Media Digital Untuk Pengenalan Angka Arab. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, October, 352–364.
Mahmudi, M. (2016). Penerapan Teori Behavioristik Dalam Pembelajaran Bahasa Arab ( Kajian Terhadap Pemikiran Bf . Skinner ). 429–435.
Ningsih. (2019). Aplikasi Teori Belajar Konstruktivisme Dalam Pembelajaran Bahasa Asing. Foundasia, 9(1), 43–54. https://doi.org/10.21831/foundasia.v9i1.26159
Nurjanah, S., Suprihatiningrum, J., Islam, U., & Sunan, N. (2024). Jigsaw Infused Tic-tac- toe Learning Model : A Chance to Gain Student ’ s Concentration and Conceptual Understanding of Chemistry Model Pembelajaran Jigsaw Berbasis Game Tic-tac-toe : Kesempatan untuk Meningkatkan Konsentrasi dan Pemahaman Konseptual Siswa Materi Kimia. 22(2), 36–46.
Purwanto, G. H., Ajhar, H., & Dhabi, A. (2023). Islamic Law On Trading Using Virtual Reality-Based Metaverse. 9(1), 126–142.
Rafiqa. (2015). Teori Pengolahan Informasi Perspektif Pendidikan.
Setiadi, fadlan M. (2020). Pendekatan Psikolinguistik Bahasa Arab di Indonesia. 57–68.
Shodiq, I. J., & Zainiyati, H. S. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran E-Learning Menggunakan Whastsapp Sebagai Solusi Ditengah Penyebaran Covid-19 Di Mi Nurulhuda Jelu. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 6(2), 144–159. https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v6i2.3946
Utami, I. G. A. L. P. (2016). Teori Konstruktivisme dan Teori Sosiokultural: Aplikasi dalam Pengajaran Bahasa Inggris. Prasi, 11(01), 4–11.
Warda Maghfiroh Husein. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.