Pengaruh Motivation Terhadap Service Quality Yang Berdampak Pada Public Satisfaction Masyarakat Desa Cisitu Sukabumi

Main Article Content

Bambang Somantri
Institut Manajemen Wiyata Indonesia
Fitri Andriani Nurhasanah
Program Studi Manajemen, Institut Manajemen Wiyata Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh motivasi terhadap kualitas pelayanan, (2) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat, (3) Pengaruh motivasi terhadap kepuasan masyarakat, dan (4) Apakah variabel kualitas pelayanan dapat memediasi pengaruh motivasi terhadap kepuasan masyarakat. Subjek penelitian ini adalah masyarakt Desa Cisitu, dengan jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 100 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Jalur (Uji Efek Mediasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Motivasi berpengaruh secara positif terhadap Kualitas Pelayanan. (2) Kualitas pelayanan berpengaruh secara parsial terhadap Kepuasan Masyarakat. (3) Motivasi secara Positif berpengaruh terhadap Kepuasan Masyarakat, dan (4) Kualitas pelayanan merupakan variabel yang dapat memediasi pengaruh Motivasi terhadap kepuasan masyarakat. Penelitian lebih lanjut dibutuhkan oleh instansi ini agar pegawai mampu meningkatkan pelayanan yang lebih baik pada masyarakat Desa Cisitu


Keywords: Motivasi, Kualitas pelayanan, Kepuasan Masyarakat
Astriani, Ristra. (2016). Pengaruh Semangat kerja Pegawai Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pengguna Jasa Puskesmas Way Halim Kota Bandar Lampung. Jurnal Kebijakan & Pelayanan Publik, 2, 62–72.
Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Cet . VIII. In Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Cet . VIII. Semarang: Badan Penerbitan Universitas Dipanegoro.
Kotler, Philip, & Keller, Kevin Lane. (2016). Marketing management (15th global ed.). England: Pearson.
Maslow, Abraham H. (2013). Toward a psychology of being. Simon and Schuster.
Nursam, Nasrullah. (2017). Manajemen Kinerja. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 2(2).
Permana, Leonard Ferdinand. (2016). PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, MOTIVASI, LINGKUNGAN KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR MELALUI KEPUASAN KERJA PADA PT KERETA API INDONESIA PERSERO DAERAH OPERASI 9 JEMBER.
Rani, Indria Hangga, & Mayasari, Mega. (2015). Pengaruh penilaian kinerja terhadap kinerja karyawan dengan motivasi sebagai variabel moderasi. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 3(2), 164–170.
Santos, Jessica. (2003). E‐service quality: a model of virtual service quality dimensions. Managing Service Quality: An International Journal.
Shahzad, N. (2018). Impact of employee motivation on customer satisfaction: Study of airline industry in Pakistan. Journal of Forensic Psychology, 3(2), 2–5.
Sudaryo, Yoyo, Aribowo, Agus, & Sofiati, Nunung Ayu. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia: Kompensasi Tidak Langsung dan Lingkungan Kerja Fisik. Penerbit Andi.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. (2019). Strategi pemasaran.
Wiyata, Mariati Tirta, & Ayustiana, Adita. (2020). Pengaruh Training dan Development Terhadap Employee Performance di PT. PAI Sukabumi (JX). Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(3), 90–99.
Wiyata, Mariati Tirta, & Haryanto, Frandi. (2018). Pengaruh Compensation dan Motivation terhadap Employee Performance (Studi Kasus pada CV Sumber Milik Farm). Cakrawala, 1(1), 42–57.
Wiyata, Mariati Tirta, Nuraeni, Nuraeni, & Somantri, Bambang. (2019). Work Motivation: Peran Financial Incentive dan Non-Financial Incentive. Cakrawala, 2(2), 1–16.