Penguatan E-Service Dan Brand Trust Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Moderating

Main Article Content

Sri Wiludjeng Sunu Purwaningdyah
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widyatama, Indonesia
Zulganef Zulganef
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widyatama, Indonesia
Sri Astuti Pratminingsih
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widyatama, Indonesia

Saat ini sudah banyak Perguruan Tinggi Swasta yang mampu bersaing dengan Perguruan Tinggi Negeri. Terbukti dengan banyaknya peminat yang memilih Universitas Swasta sebagai kampus pilihannya. Beberapa di antaranya bahkan ada yang masuk sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Untuk itu Perguruan tinggi swasta harus dikelola dengan berpedoman pada kepentingan sivitas akademika yang terdiri dari mahasiswa, tenaga pengajar dan karyawan. Berbagai fasilitas guna mendukung keberhasilan tujuan dari program perguruan tinggi. Salah satu fasilitas dengan teknologi canggih adalah internet. Fungsi dari internet salah satunya mendukung dalam aktivitas pelayanan kepada mahasiswa, dosen dan karyawan. Pelayanan tersebut setiap tahunnya dievaluasi . Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana tanggapan responden tentang E-service, brand trust, kepuasan dan loyalitas. Serta bagaimana kekuatan E-Service terhadap Brand Trust, Kekuatan E-service dan brand trust terhadap loyalitas, kekuatan kepuasan terhadap loyalitas serta bagaimana kekuatan e-service dan brand trust terhadap loyalitas melalui kepuasan. Alat yang digunakan dalam penelitian ini Regresi Path Analysis. Sampel  penelitian ini adalah mahasiswa aktif Universitas Widyatama. Teknik Sampling yang digunakan Accidental Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  E-Service  tidak mampu menguatkan loyalitas,  sedangkan brand trust mampu menguatkan loyalitas secara positif dan significant.  Sedangkan Analisa E-service dan brand Trust terhadap kepuasan, menunjukkan bahwa E-service tidak mampu memberi kekuatan kepuasan dan brand Trust mampu memberi kekuatan terhadap kepuasan. Selanjutnya hasil analisa kepuasan positif dan signifikan menguatkan terhadap loyalitas, artinya kepuasan mampu menguatkan loyalitas. Hasil analisa E-service, Brand Trust melalui kepuasan terhadap Loyalitas menunjukkan bahwa kepuasan tidak bisa menguatkan terhadap Loyalitas. Untuk itu Universitas Widyatama perlu meninjau ulang proses marketingnya.


Keywords: E-Service, Brand Trust, Kepuasan, Loyalitas