Analisis Pengaruh Potongan Harga, Store Atmosphere, Dan Promosi Penjualan Terhadap Impulse Buying

Main Article Content

Mar’atus Solikhah
Politeknik Siber Cerdika Internasional
Amelia Amelia
Politeknik Siber Cerdika Internasional, Indonesia
Shinta Meilinda
Universitas Sangga Buana YPKP
Devi Yulia
Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon, Indonesia
Ginna Novarianti Dwi Putri Pramesti
Universitas Kuningan

Penelitian ini berjudul "Analisis Pengaruh Harga Diskon, Suasana Toko dan Promosi Penjualan terhadap Pembelian Impulsif (Studi Kasus di EllitaSwalayan Comal)". Tujuan dari penelitian ini adalah pertama untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Discounted Prices terhadap Impulse Buying, kedua untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Store Atmosphere terhadap Impulse Buying, ketiga untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh promosi penjualan terhadap Impulse Buying. Pada penelitian ini menggunakan purposive sampling dan accidental sampling dengan jumlah responden EllitaSwalayan Comal pelanggan sebanyak 100 responden. Pengujian dalam penelitian ini dilakukan dengan analisis regresi linier berganda dan pengujian hipotesis berupa uji t, uji F dan R2. Hasil yang diperoleh dengan hasil b1=0,132 menunjukkan pengaruh positif antara variabel Discounted Price (X1) terhadap Impulse Buying, b2= 0,447 menunjukkan pengaruh positif antara variabel Store Atmosphere (X2) terhadap Impulse Buying, b3= 0,348 menunjukkan pengaruh positif terhadap variabel Sales Promotion (X3) terhadap Impulse Buying. Sedangkan untuk pengujian hipotesis parsial digunakan uji t, diperoleh nilai t hitung untuk variabel Harga Diskon (X1) sebesar 1,417, Suasana Toko (X1) sebesar 5,647 dan variabel Promosi Penjualan (X3) sebesar 5,644 dengan kriteria t tabel sebesar 1,984 yang digunakan dalam pengujian ini. Dari hasil tersebut diketahui bahwa sebagian semua variabel mempengaruhi impulse buying. Selanjutnya untuk menguji signifikansi koefisien regresi linier berganda secara keseluruhan diperoleh uji F hitung F sebesar 61,718 dengan taraf signifikansi 0,000, jauh lebih kecil dari 0,05 dan lebih besar dari tabel F sebesar 2,71. koefisien determinan (Adjusted R squere) sebesar 64,8% yang berarti variabel Impulse Buying secara bersama-sama dipengaruhi oleh variabel Discount Price, Store Atmosphere, Sales Promotion, sedangkan sisanya 0,352 dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam model persamaan.


Keywords: Pembelian Impuls, Harga Diskon, Suasana Toko, Promosi Penjualan