Preferensi Konsumen Terhadap Penggunaan Aplikasi E-Wallet OVO (Studi Kasus Pada Generasi Z Bengkulu)

Main Article Content

Afifah Salsabila Shofura
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bengkulu, Bengkulu, Indonesia
Dewi Rahmayanti
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bengkulu, Bengkulu, Indonesia

Implementasi financial technology (fintech) di Indonesia akan terus meningkat seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin berkembang pesat. Riset ini bermaksud melihat seberapa besar preferensi konsumen terhadap penggunaan aplikasi e-wallet OVO berdasarkan Model UTAUT 1. Populasi pada riset ini ialah Generasi Z dengan jumlah sampel yakni 209 responden. Data riset dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner yang dinilai dengan Skala Likert. Metode riset yang diterapkan ialah kuantitatif, dengan analisis data dilaksanaka  SEM (Structural Equation Modeling) pada aplikasi SmartPLS 4.0.9.7. Temuan riset memperlihatkan variabel ekspektasi usaha, pengaruh sosial, kondisi yang memfasilitasi serta use behavior berkorelasi signifikan. Namun, pada variabel ekspektasi kerja dan behavior intention tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap preferensi konsumen terhadap penerapan aplikasi e-wallet OVO. Hasil pengaruh secara simultan dari keseluruhan variabel adalah 79,6%. Saran dari penelitian ini untuk menambah variabel yang relevan dan sampel yang beragam dari berbagai kalangan.


Keywords: OVO, UTAUT 1, Fintech, Gen Z dan SEM-PLS 4